PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Merajut Asa Dengan VUB Tarabas




Mamuju- 27 Mei 2021- Tim BPTP Sulawesi Barat melaksanakan Penanaman Varietas Unggul Baru (VUB) Tarabas seluas 5 Ha di Desa Sampaga, Kecamatan Sampaga Kabupaten Mamuju. Penanaman perdana dalam kegiatan Demplot VUB padi khusus dan spesifik lokasi ini dilaksanakan di lahan milik Mahmuddin Anggota Kelompok Tani Karya Bersama dengan cara tanam benih langsung (tabela) dengan sistem tanam jajar legowo.

 
Padi varietas Tarabas merupakan salah satu padi tipe Japonica yang dihasilkan Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian. Tarabas berasal dari bahasa Sunda yakni Terabas yang berarti terobos.
 
Tarabas memiliki keunggulan pada mutu beras yang sangat baik dan memenuhi standar beras japonica premium sehingga dapat menjadi subtitusi impor beras tipe japonica. Varietas ini memiliki kadar amilosa yang rendah (17%) dan tergolong sebagai sticky rice sehingga nasinya dapat disantap dengan menggunakan sumpit.
 
Kelebihan lain dari varietas ini adalah tahan terhadap beberapa ras penyakit blas dan agak tahan penyakit tungro, dua penyakit penting yang sering mengganggu pertanaman padi sawah. Namun demikian varietas ini juga masih memiliki kelemahan khususnya dalam ketahanan terhadap wereng batang coklat dan hawar daun bakteri (kresek), sehingga pengendalian terhadap kedua OPT tersebut di pertanaman varietas Tarabas harus optimal. Varietas ini rata-rata mampu menghasilkan panen sebanyak 4-5 ton per hektar.(Ichi).
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset