PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Empat VUB padi siap ditanam di kelompok tani Usaha Maju I, Toabo, Kab.Mamuju.




 Mamuju 28 Nov 2022

 
Empat VUB padi siap ditanam di kelompok tani Usaha Maju I, Toabo, Kab.Mamuju.
 
Kelompok tani Usaha Maju I merupakan salah satu kelompok tani di Desa.Toabo yang di ketuai oleh Purnomo, berkunjung ke UPBS BPTP Sulawesi Barat dalam rangka berkoordinasi tentang ketersediaan benih VUB padi yang dapat ditanam di Desa.Toabo. 
 
Kunjungan tersebut didampingi langsung oleh wakil menejer UPBS untuk melihat stok benih yang ada digudang sambil menjelaskan tentang karakteristik dan sifat unggul masing masing VUB padi yang tersedia di Gudang UPBS BPTP Sulawesi Barat. setelah mendengarkan penjelasan karakteristik dan sifat unggul masing masing VUB, Purnomo memutuskan untuk memilih 4 VUB padi diantaranya: Inpari 48 Blas kelas FS (Label Putih) sebanyak 40kg, Inpari Ir Nutri Zinc kelas SS (Label Ungu) sebanyak 80kg, Inpari 37 kelas ES (Label biru) sebanyak 230kg, dan Inpari Arumba kelas ES (Label biru) sebanyak 100kg.
 
Varietas tersebut akan ditanam di hamparan sawah kelompok tani Usaha Maju I dengan harapan pendampingan teknis budidaya yang akan didampingi oleh tim penyuluh BPTP Sulawesi Barat. Dengan dikembangkannya ke empat VUB padi di Desa Toabo, akan menjadi preferensi petani untuk musim tanam berikutnya. 
 
Agar usaha tani padi Purnomo dapat memberikan hasil optimal, diberikan bagan warna daun (BWD) sebagai acuan dalam memberi pupuk N. Penggunaan BWD marupakan salah satu metode yang digunakan dalam pemberian pupuk urea pada tanaman padi dengan mengawasi perubahan warna daun setia fase. BWD tersebut berbentuk kartu yang memiliki warna dari hijau muda sampai hijau tua dan memiliki skala 1 sampai 4.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset