PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Inpari 42 Agritan GSR Pilihan Petani Tappalang Mamuju




 Inpari 42 Agritan GSR pilihan petani Tappalang Mamuju

 
Mamuju 29 November 2022
 
Varietas unggul merupakan salah satu teknologi yang berperan penting dalam peningkatan Kuantitas dan kualitas produk pertanian. Hal ini terkait dengan sifat-sifat yang dimiliki oleh varietas unggul antara lain berdaya hasil tinggi, tahan terhadap hama dan penyakit tertentu, umur tanaman dan rasa nasi.
 
Salah seorang petani dari Kec. Tappalang, Kab. Mamuju yakni Safruddin mengunjungi UPBS BPTP Sulawesi Barat dengan tujuan konsultasi tentang benih VUB padi yang cocok ditanam di lahan sawah tadah hujan. 
 
Dalam kunjungannya, Safaruddin berdiskusi langsung dengan wakil manajer UPBS BPTP Sulawesi Barat tentang kondisi sawah yang akan ditanami dan rekomendasi varietas berdasarkan agroekosistemnya. Disamping melihat langsung stok benih yang ada digudang juga dijelaskan tentang potensi hasil, karakteristik dan sifat unggul masing masing VUB padi yang tersedia di UPBS BPTP Sulawesi Barat.
 
Setelah mendapatkan penjelasan yang terkait dengan penggunaan VUB padi, Safaruddin memutuskan untuk memilih varietas Inpari 42 GSR kelas SS (Label ungu) sebanyak 30kg, karena dianggap itu yang sesuai dengan kondisi sawahnya.
 
Inpari 42 Agritan GSR merupakan Varietas Unggul Baru (VUB) padi yang dirilis pada tahun 2016. Varietas ini memiliki potensi produktivitas yang tinggi yaitu 10,58 ton/ha dan memiliki toleransi yang lebih luas terhadap kekeringan.
 
Inpari 42 Agritan GSR merupakan salah satu varietas padi yang dirancang memiliki daya hasil tinggi, baik pada kondisi optimum maupun sub optimum (ketersediaan air dan pupuk terbatas). Varietas ini cocok ditanam untuk lahan sawah irigasi pada ketinggian 0-600 mdpl.