PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Bimtek Online "Sistem Informasi Tanam Terpadu Lahan Kering"




 Dalam rangka memperingati Hari Tanah Sedunia yang bertema: "Soils, where food begins", Balai Penelitian Klimatologi dan Hidrologi Kementerian Pertanian mengadakan Bimtek online Sistem Informasi Kalender Tanam Terpadu Lahan Kering. Bimtek ini diikuti oleh berbagai tenaga fungsional seperti penyuluh pertanian, analis standardisasi dan fungsional lainnya dari Kementerian Pertanian dan Dinas Pertanian seluruh Indonesia salah satunya Tenaga fungsional BPTP Sulbar .

 
Aplikasi SI Katam Terpadu merupakan alat bantu yang memberikan pedoman waktu tanam, rekomendasi pupuk dan varietas untuk tanaman padi, jagung, dan kedelai di lahan sawah, lahan kering, dan lahan rawa. 
 
Dalam bimtek ini diperkenalkan aplikasi KATAM lahan kering yang telah diperbarui dengan informasi yang lebih lengkap mulai dari informasi tentang sumber daya air, dampak perubahan iklim, dan data kerawanan, hingga data endemik. Aplikasi juga diharapkan mampu membantu petani dan stakeholder lainnya untuk meningkatkan produksi padi, jagung, kedelai.
 
Harapannya aplikasi Katam Terpadu Lahan Kering ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh tenaga fungsional baik penyuluh dan fungsional lainnya dalam memberikan rekomendasi terbaik kepada petani dalam pemanfaatan lahan potensial sehingga hasilnya maksimal dan mensukseskan pembangunan pertanian di Indonesia