PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Pendampingan JPN di Desa Orobatu




Kementerian Pertanian terus berupaya membangun dan memajukan sektor Pertanian, untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan dibentuknya JPN (Jaringan Petani Nasional) yang berada di tiap provinsi di Indonesia. Jaringan Pertanian Nasional (JPN) diharapkan menjadi motor penggerak petani milenial di daerah. 

 
Untuk Sulawesi Barat sendiri terdapat 1 Komda JPN yakni Komda Mamuju yang merupakan gabungan dari kelompok petani milenial.
 
Hari ini Tim BPTP SulBar melakukan Kunjungan sekaligus pendampingan JPN di Desa Orobatu, Kec. Tappalang, Kab. Mamuju.
 
Ade Putra petani binaan BPTP SulBar saat ini sedang melakukan persiapan lahan dan penyemaian benih padi.Melihat pada produksi padi di musim sebelumnya, maka pada musim tanam ini, beliau memutuskan kembali untuk menamam Varietas Inpari Arumba. 
 
Inpari Arumba adalah hasil persilangan antara varietas padi aromatik Sintanur dengan Bahbutong yang memiliki beras warna merah dan tahan hama wereng coklat sehingga diperoleh varietas yang memiliki beras merah dan wangi.
 
Dan tidak hanya di lahan miliknya, ade Putra juga telah mengajak teman kelompoknya untuk membudidayakan varietas Arumba ini, hal ini sejalan dengan harapan Bapak Menteri Pertanian bahwa jaringan Pertanian Nasional menjadi kekuatan pertanian muda yang semakin maju Sehingga, mereka bisa mengkoordinir masyarakat tani untuk perbaiki teknologi bertaninya.