PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Workshop Perencanaan Strategis Standardisasi Instrumen Pertanian




 Minggu 11 Desember 2022

 
Acara workshop Perencanaan Strategis Standardisasi Instrumen Pertanian lingkup Badan Litbang Pertanian dikuti oleh Koordinator Program Evaluasi BPTP Sulbar Ketut Indrayana.STP. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 11-13 Desember 2022 di Evenzel Hotel Convenzion yang dihadiri seluruh satker Puslit, Balit, Lolit dan BPTP seluruh Indonesia.
 
Kegiatan Workshop ini dibuka langsung oleh Sekretaris Badan Litbang pertanian Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA dalam sambutan beliau menyampaikan pekerjaan perencanaan adalah kegiatan paling foundamental dalam menyusun landasan program BSIP kedepan. Dalam kesempatan tersebut beliau menekankan bahwa seorang perencana harus memiliki intuisi yang tinggi dalam merencanakan program, kegiatan yang di rencanakan harus sudh tau hilirnya/sasaran kemana, serta perencana harus mampu membuat baseline pengembangan kedepan.
 
Kegiantan workshop perencanaan ini peserta yang hadir dibekali materi tentang penyusunan Backgroud Study Rencana Strategis oleh Bappenas dan Evaluasi perumusan dan penerapan standar oleh BSN dan setelah itu di lanjutkan dengan sidang kelompok membahas penyusunan rencana strategis 2023-2024, penyusunan indikator kinerja dan manual IKU serta cascading Kinerja, penyusunan standar operating Prosedure (SOP) perencanaan standardisasu Instrument pertanian, penyusunan jadwal dan mekanisme perencanaan standardisasi Instrumen pertanian dan penyusunan Mekanisme monitoring dan Evaluasi Standardisasi Instrumen Pertanian.