PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

BSIP Hadir Untuk Pertanian Indonesia Lebih Baik




Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meresmikan Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP), Jumat (16/12/2022) di Hotel Sultan Jakarta. BSIP merupakan lembaga hasil transformasi dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). BSIP sendiri terbentuk sesuai dengan terbitnya Perpres 117 Tahun 2022 tentang Kementerian Pertanian pada tanggal 21 September 2022.

 

 
Dalam Sambutannya Menteri Pertanian menyampaikan bahwa Badan ini baru tapi sebenarnya nilainya sangat hakiki dari hadirnya instrumen pertanian ini adalah sesuatu yang dibutuhkan besok yang harus makin modern. Oleh karena itu kita berharap Litbang memang sudah selesai tapi instrumen pertanian harus bisa lebih baik dari sebelumnya. 
 
Lanjut dikatakan bahwa, sektor pertanian merupakan sektor yang paling dibutuhkan oleh masyarakat dunia. Karena itu, pertanian tidak mungkin bisa berkembang dengan baik apabila tidak ada instrumen pertanian yang mengawalnya. Bahkan pertanian menjadi sektor yang paling strategis untuk pertahanan sebuah bangsa.
 
Yang terpenting, adalah semua orang baik petani, akademisi maupun pejabat harus memiliki nilai yang sama, yaitu sama-sama mau membela bangsa dan negara. Apalagi kehadiran BSIP bisa menjadi modal yang sangat kuat dalam menjadikan pertanian sebagai solusi pasti dari berbagai persoalan dunia. Harus ada sesuatu yang bisa dihasilkan dan pertanian Indonesia itu harus lebih baik “katanya”.
 
Puncak acara peresmian ditandai dengan menancapkan wayang serta membunyikan etek-etek bambu secara serentak oleh Menteri Pertanian, jajaran pejabat, serta seluruh peserta yang hadir. Peresmian BSIP ini menjadi sejarah di Kementerian Pertanian dan diharapkan menjadi komitmen dalam mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan, modern. 
 
Setelah peresmian sukses digelar dilanjutkan hiburan yang dimeriahkan oleh salah satu artis papan atas yaitu Dewi Gita. Malam itu menjadi riuh, bahagia dan gembira menyambut Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP).
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset