PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Kunjungan Anggota DPRD Kabupaten Mamasa




Mamuju, 13/01/2023 - Varietas benih yang dihasilkan oleh UPBS merupakan varietas-varietas yang telah resmi dilepas oleh Kementerian Pertanian, namun masih belum banyak dikenal oleh masyarakat secara luas seperti berbagai macam varietas Inpari.

 
Dalam kunjungan H. Musa, S.P., M.Si. salah satu anggota DPRD Kabupaten Mamasa berdiskusi langsung dengan Ketua Tim Teknis BSIP Sulawesi Barat, Marthen P. Sirappa dan Staf UPBS, Yan Putra J.S Situmorang, A.Md, tentang kondisi sawah yang akan ditanami dan rekomendasi varietas untuk daerah dengan ketinggian di atas 600 mdpl. Di samping melihat langsung stok benih yang ada di gudang juga dijelaskan tentang potensi hasil, karakteristik dan sifat unggul masing-masing VUB padi yang tersedia di UPBS BSIP Sulawesi Barat. Turut hadir pula Staf KSPP BSIP Sulawesi Barat Khairul Anam, M.Si dan Lidia, Amd.P. 
 
Setelah mendapatkan penjelasan terkait dengan penggunaan VUB padi dan varietas yang tersedia, H. Musa melakukan pemesanan benih varietas Inpari 42 Agritan GSR kelas Benih BP (SS) sebanyak 10 kg dan Varietas Inpari Arumba kelas Benih (ES) sebanyak 20 kg. 
 
Kedua varietas tersebut rencananya akan ditanam di lahan milik sendiri untuk mengetahui kecocokannya di Kecamatan Aralle. Beliau berharap selain kedua VUB tersebut, ada VUB padi lainnya yang bisa adaptif di lahan sawah yang berada pada dataran menengah ke atas (ketinggian lebih dari 700 mdpl) sehingga bisa dikembangkan secara luas di wilayah Kabupaten Mamasa dan kabupaten lainnya di Sulawesi Barat yang memiliki agroekosistem yang relatif sama.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset