PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Petani Konsultasi VUB Padi yang Toleran di Desa Hinua dan Passa'bu Kabupaten Mamuju




Mamuju,18/01/2023 - Padi merupakan salah satu komoditas strategis untuk memenuhi kebutuhan pangan di Sulawesi Barat sehingga perlu dukungan komponen teknologi budidaya yang memadai. Komponen teknologi budidaya yang sangat berpengaruh terhadap produktivitas adalah penggunaan benih dan varietas unggul yang bermutu. Benih merupakan salah satu faktor yang perannya tidak dapat di gantikan oleh faktor lain, karena benih sebagai bahan tanaman dan sebagai pembawa potensi genetik terutama untuk varietas-varietas unggul.

 
Petani dari Desa Hinau dan Desa Passa’bu melakukan kunjungan ke UPBS BPTP Sulbar dalam rangka konsultasi VUB yang toleran/cocok dikembangkan di desa mereka. Bajuri merupakan petani bonehau konsultasi terkait VUB padi yang toleran dilahan sawah irigasi dengan ketinggian 300 mdpl sedangkan Abdul Kadir membutuhkan VUB padi yang toleran pada lahan sawah tadah hujan.
 
Adapun Tim UPBS menjelaskan tentang karakteristik dan keunggulan masing-masing VUB padi dan kelas benih sesuai dengan stock yang ada di gudang UPBS diantaranya varietas inpari arumba, inpari IR Nutri Zinc, Inpari 42 Agritan GSR dan Inpari 48 Blas. 
 
Produksi benih padi varietas-varietas terbaru yang dilakukan UPBS ditujukan untuk mendukung diseminasi agar petani mampu memperoleh benih yang lebih berkualitas dibandingkan dengan varietas-varietas sebelumnya.