PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Koordinasi Penentuan Lokasi dan Ketersediaan Bibit Pohon Buah




Mamuju, 24/ 01/ 2023 - Tim BSIP Sulawesi Barat yang diwakili oleh Sub Koordinator KSPP dan Koordinator Program menghadiri rapat koordinasi penentuan lokasi penanaman dan ketersediaan bibit untuk kegiatan penanaman 1000 pohon buah secara hybrid bersama Ibu Negara dan OASE KIM yang akan dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2023. Rapat koordinasi dilaksanakan di Kantor Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Sulawesi Barat.

 
Hasil rapat menetapkan bahwa kegiatan penanaman 1000 pohon buah secara hybrid akan dilaksanakan di Kebun Induk Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Barat yang terletak di Desa Batupanga Daala, Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Lokasi tersebut menjadi pilihan karena sesuai dengan kualifikasi lokasi yang ditentukan oleh Ditjen Horti Kementan. Selain itu kegiatan penanaman ini sekaligus menjadi simbol penanaman pertama di Kebun Induk yang kedepannya akan dikembangkan dan dikelola oleh Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Barat. Komoditas yang akan ditanam saat kegiatan tersebut yaitu bibit pohon Durian Bawor sebanyak 30 pohon.
 
Kegiatan penanaman 1000 pohon buah secara hybrid ini rencananya akan dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Barat, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Polewali Mandar, Kepala BSIP Sulawesi Barat, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulawesi Barat dan Kepala Stasiun Karantina Pertanian Mamuju