PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Harmoni Kementan Untuk Prestasi Gemilang 2023




Ciawi, 3/02/2023 - Acara diawali dengan senam bersama Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo serta jajaran Eselon 1, eselon 2, termasuk kepala satker salah satunya BSIP Sulawesi Barat ikut dalam virtual zoom, kegiatan ini juga dihadiri 1000 orang pegawai di Lapangan Komplek Surya PPMKP Ciawi, Jawa Barat.

 
Sekjen Kementan, Kasdi Subagyono mengatakan bahwa acara Harmoni ini menindaklanjuti arahan Menteri Pertanian untuk menuju prestasi gemilang tahun 2023, meningkatkan harmoni, memperkuat strategi program arahan mentan 2023 dan memperkuat Core values ASN berAKHLAK : Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.
 
Adapun penayangan video capaian prestasi Kementan yang menggambarkan 34 prestasi yang berhasil diraih Kementan diantaranya capaian Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK selama 6 tahun berturut turut, penghargaan IRRI dalam swasembada beras, penghargaan juara pertama dalam bidang puclic relation government awards melalui digital media, web dan sosmed, bahkan peringkat 1 selama 3 tahun berturut-turut dalam keterbukaan informasi dari Kemenpan RB.
 
Menteri Pertanian dalam arahannya menyampaikan bahwa pada saat menghadapi turbulensi Covid, Kementan memperjuangkan pangan sehingga Indonesia tidak separah negara lain.
 
"Jangan kenal lelah berjuang demi rakyat, serta menorehkan prestasi gemilang, mandirikan bangsa, modernkan kehidupan yang berlandaskan agama dan kebangsaan yang kuat"tutur beliau.
 
Penting juga bagi ASN Kementan agar memiliki moral tinggi, attitude yang baik, tidak korupsi, tidak mementingkan diri sendiri, mau berkontribusi dan ulet bekerja dengan kekuatan yang ada. 
 
Pada kegiatan tersebut Mentan juga melakukan Penyerahan simbolis buku dan penandatanganan prasasti harmoni gemilang pertanian indonesia.
 
Selain acara senam bersama juga hadir motivator Ari Ginanjar yang menyampaikan bahwa keberhasilan merupakan kolaborasi antara kompetensi dan energi. 
Pemimpin masa depan memiliki mental agility, change agility (perubahan) people agility, learning agility (kemampuan untuk belajar) serta result agility.
 
"Kementan berhasil dalam capaian ini dengan membuktikan capaian dengan 34 prestasi" dan untuk kembali menorehkan prestasi gemilang, dibutuhkan 3 komitmen yaitu intelektual komitmen, emotional komitmen dan spritual komitmen. "tutupnya"