PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Pulang Kampung, Duta Petani Milenial KALTIM Siap Membangun Pertanian Sulbar




Mamuju, 9/02/2023 - Muhammad Fadil, merupakan Duta Pertanian Milenial yang telah sukses membangun pertanian di Kalimantan Timur (KALTIM) melalui jejaring petani milenial. Suksesknya Muhammad Fadil di Kaltim, membuat bangga orangtuanya dan menyarankan Muhammad Fadil untuk kembali membangun pertanian di kampung halamannya yang berada di Desa Salubara’na Kec. Sampaga Kab Mamuju Provinsi Sulawesi Barat seperti yang telah dilakukannya di Kalimantan Timur. 

 
Muhammad Fadil berkunjung ke Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Sulawesi Barat untuk meminta petunjuk dan arahan tentang potensi petani milenial yang ada di Sulawesi Barat yang nantinya akan diajak kolaborasi demi meningkatkan sektor pertanian di Sulawesi Barat. Muhammad fadil juga merupakan ketua dari P4S PPMK ( Petani Peternak Muda Keren) yang telah bermitra dengan SMK M Sulbar dan SMK BINA KARYA Mamuju Tengah.
 
Saat ini, Muhammad Fadil telah memulai langkah awal di Desa nya dengan membuka lahan seluas kurang lebih 10 ha yang ditanami komoditas Hortikultura seperti semangka dan cabai. Selain itu, dia juga beternak kambing serta tetap mengembangkan tanaman kakao yang telah dikembangkan orangtua nya sebelumnya.  
 
Muhammad Fadil mengatakan lahan semangka hanya membutuhkan lahan seluas 30 ha untuk memutar perputaran uang kurang lebih 1 Milyar dalam 1 bulan. “Jika kebanyakan petani menghasilkan 700 jt dalam setahun, saya hanya membutuhkan 1 bulan” ucapnya. Dengan perhitungan 10 ha menghasilkan produksi semangka sebesar 200 ton. Beliau juga telah di kontrak selama 15 tahun di Kab. Morowali Provinsi Sulawesi Selatan dengan kontrak 10.000/kg dengan uraian memberikan ke petani harga Rp.5000 dan dikelolah pemerintah Rp.5000.
 
Lebih lanjut, Muhammad fadil akan lebih sering berkoordinasi dengan BSIP Sulawesi Barat untuk membangun sinergitas demi tercapainya tujuan pembangunan pertanian di Sulawesi Barat yang nantinya akan dibangun Bersama petani, pemuda keren di Mamuju Sulawesi Barat.