PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Panen Sorgum Varietas Batar Simbang di Tagrinov BSIP Sulbar




Mamuju 10/02/2023 – Taman Agro Inovasi (Tagrinov) merupakan konsep pengenalan inovasi teknologi yang diwujudkan dalam bentuk pemanfaatan lahan pekarangan. Salah satu tanaman yg dibudidayakan di Tagrinov Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Sulbar adalah Sorgum.

 
Ketua Tim Teknis, Koordinator Program & Evaluasi, Pengelola Lahan Praktik dan staf BSIP Sulbar melakukan panen bersama Sorgum varietas lokal Batar Simbang di Tagrinov BSIP Sulbar. Sorgum varietas Batar Simbang merupakan varitas lokal yang ditemukan di Desa Simbang, Kecamatan Pamboang, Majene. Varietas tersebut merupakan salah satu dari 55 Sumberdaya Genetik (SDG) Lokal Sulawesi Barat yang terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian, No.1700/PVL/2021, tanggal 10 September 2021, dan tercatat sebagai Kekayaan Intelektual Komunal SDG di Kemenkumham No. SDG 76202200010. 
 
Sorgum tergolong tanaman serealia yang potensial untuk diversifikasi pangan karena toleran terhadap kekeringan dan memiliki sifat adaptif yang cukup tinggi. Varietas Batar Simbang memiliki ciri warna gabah masak fisiologis hitam keunguan dan beras berwarna putih. Sorgum merupakan tanaman yang memiliki manfaat sebagai pangan fungsional gluten free dan memiliki senyawa fenolik anti oksidan.