PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Sinergitas BSIP, Perhorti dan PT. Sun Rei Food Products dalam Pengembangan SDG Lokal Sulbar




Mamuju 14/02/2023 – BSIP Sulbar menerima kunjungan dari Perhimpunan Hortikultura Indonesia (Perhorti) Komda Sulawesi Barat. Kunjungan Perhorti yang dipimpin langsung oleh Ketua Komda Sulbar (Mardjani Aliyah Abdul Naim) beserta pengurus diterima langsung oleh Kasubbag TU BSIP Sulbar (RD Teguh Widjanarko), Sub. Koord. KSPP dan staf di Lantai 2 Lab. Pasca Panen BSIP Sulbar. turut hadir juga PT. Sun Rei Food Products (Charles F. Nicholson & Yakub).

 
Tujuan kunjungan Perhorti ke BSIP Sulbar yaitu menyambung silaturrahim antar pengurus, dimana Ka BSIP Sulbar (Dr. Nurdiah Husnah, M.Si) menjabat sebagai pembina dan beberapa staf BSIP Sulbar juga terlibat dalam kepengurusan Perhorti Sulbar. Diskusi hangat dan membangun antara pengurus turut mewarnai pertemuan tersebut. Pada kesempatan itu juga, Yakub sebagai staf PT. Sun Rei Food Products sekaligus Mahasiswa yang sedang penelitian tentang Loka Pere memaparkan hasil penelitiannya kepada pengurus Perhorti Sulbar.
 
Selanjutnya diskusi tentang pengembangan Sumberdaya Genetik (SDG) Lokal Sulawesi Barat seperti Loka Pere, Nenas Pamboang dan Lasse Bambang. BSIP Sulbar siap berkolaborasi Bersama Perhorti dan PT. Sun Rei Food Products untuk pengembangan komoditas tersebut untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk pertanian, sehingga pendapatan petani meningkat. Di akhir kunjungannya, pengurus Perhorti Komda Sulbar mengunjungi Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) BSIP Sulbar.