PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Menggali Potensi Aren Kab. Mamuju




Mamuju, 14/02/2023- Mamuju merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Barat yang menyimpan potensi aren yang luar biasa. Data BPS, 2021 menunjukkan Provitas aren pada tahun 2021 mencapai 1708,52 ton/ha. Pengelolaan yang baik akan berbanding lurus dengan peningkatan kesejahteraan petani

 
Tim BSIP Sulawesi Barat melakukan kunjungan ke tempat pembuatan gula aren milik salah satu petani aren di Kampung Mandar, Simboro, Mamuju. Petani yang akrab disapa Andong, bercerita bnyak tentang proses yang harus dilakukan dalam menghasilkan gula aren, serta memperlihatkan cara pembuatan gula aren secara tradisional. 
 
Sejak pagi buta sekira pukul 04.00 setiap harinya Andong menyadap tiap-tiap aren miliknya. Ilmu pembuatan gula aren didapatkannya turun temurun dari orang tuanya yang juga pembuat gula aren. Gula aren yang diproduksi Pak Andong bersih. Produknya pun masih terbatas hanya gula aren batok. Namun pemasarannya terbatas dengan menjajakan dari rumah ke rumah.
 
Produk turunan nira dari pohon aren dapat menghasilkan produk yang banyak dan bernilai ekonomis dan bernilai ekspor. Gula aren semut, gula aren cair, hingga kue yang berbahan baku gula aren yang terdaftar dan ber-SNI dapat meningkatkan pendapatan petani. 
 
Kedepan, BSIP Sulawesi Barat akan mendorong produk-produk hasil pertanian dapat berstandard dan memiliki pasar nasional dan internasional.