PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

BSIP Sulbar Berikan Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati




Polman,17/02/2023 - Pelatihan Tematik Kakao Spesifikasi Hama dan Penyakit Bagi Kelompok Tani diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Polewali Mandar. Tim BSIP Sulawesi Barat yang diwakili oleh Penyuluh Pertanian Ahli Muda, Sarpina S.TP., M.Si didampingi oleh Muh. Syaifullah Hiola, S.P., M.Si berkesempatan sebagai salah satu fasilitator dalam pelatihan tematik dengan memberikan materi tentang Pestisida Nabati Untuk Mengendalikan Hama dan Penyakit Kakao.

 
Dalam materinya, Sarpina mengungkapkan pemahaman tentang pestisida nabati sangat penting untuk diketahui oleh petani guna meminimalisir ketergantungan akan pestisida kimia. 
 
Setelah pemberian materi dilanjutkan dengan praktek dalam pembuatan pestisida nabati. Antusiasme yang tinggi terlihat dari wajah peserta pelatihan yang cermat serta aktif dalam mengikuti setiap langkah langkah pembuatan pestisida nabati yang ditunjukkan.
 
Pestisida nabati yang dibuat berasal dari bahan bahan alami yang sangat mudah untuk dimanfaatkan, seperti buah Maja, kunyit, urin kambing, jahe, dll. Pestisida nabati buah maja dibuat dalam 2 jenis yakni fermentasi 12 jam dan fermentasi 24 hari.
 
Semoga dengan adanya pelatihan seperti ini dapat menambah wawasan petani tentang pentingnya memprioritaskan pengendalian hama penyakit kakao dengan konsep alami dibandingkan pengendalian secara kimia.