PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

BSIP Sulbar Beri Pengenalan Seputar Hama dan Penyakit Kakao




Polman - BSIP Sulawesi Barat kembali memberikan pengenalan tentang hama dan penyakit kakao pada pelatihan tematik yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Polewali Mandar (20/02/2023)

 
Sebanyak 25 petani kakao yang tergabung dalam peserta pelatihan angkatan IV menerima materi yang disampaikan oleh Analisis Standarisasi Ahli Pertama BSIP Sulawesi Barat, Ketut Indrayana, S.TP.
 
Ketut menjelaskan situasi yang tengah dihadapi petani kakao saat ini terdiri dari beberapa hal, antara lain: kurangnya modal petani, degradasi tanah, pohon kakao yang sudah tua, perubahan iklim, serta serangan hama dan penyakit kakao.
 
Khusus untuk serangan hama dan penyakit, lebih lanjut dijelaskan bahwa hama dan penyakit utama yang paling sering ditemui yakni serangan hama Penggerek Buah Kakao (PBK), Kepik Penghisap Kakao, dan Penyakit Vascular Streak Dieback. 
 
Pengendalian serangan hama dan penyakit secara terpadu sangat diperlukan dalam rangka meminimalisir kerusakan buah akibat serangan yang ditimbulkan. Dengan mengedepankan konsep alami, diharapkan pengendalian HPT tidak hanya meminimalisir serangan, tetapi juga dapat mengurangi residu berbahaya yang tercemar pada tanah dan tanaman akibat penggunaan pestisida sintektik yang berlebihan
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset