PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Pengambilan Sampel untuk Pengujian Ulang Mutu Benih Padi




Mamuju, 21/02/2023 - Benih Unggul merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan budidaya tanaman dan perannya tidak dapat di gantikan oleh faktor lain. Untuk proses produksi dan peredarannya tetap dalam pengawasan Balai Pengawasan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikutura (BPSBTPH). Salah satunya adalah pengawasan dalam hal pelabelan ulang terhadap benih yang masa edarnya akan berakhir.

 
Tim BPSP-TPH Prov. Sulawesi Barat melakukan pengambilan sampel benih padi di gudang UPBS BSIP Sulawesi Barat untuk proses pengujian ulang mutu benih, yang meliputi penetapan kadar air benih, analisis kemurnian fisik benih (benih murni, kotoran benih, dan benih tanaman lain), dan pengujian daya berkecambah. 
 
Dari antara 4 varietas yang ada di gudang UPBS, salah satu yang akan berakhir masa edarnya pada tagl 5/3/2023 adalah varietas Inpari Arumba kelas benih ES (Benih Sebar). Proses pengujian mutu benih akan dilakukan dilaboratorium BPSBTPH Prov. Sulawesi Barat. Hasil pengujian ini akan menentukan layak atau tidak dilakukan untuk pengujian ulang benih padi (LU II).
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset