PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Turun Lapang: BSIP Sulbar Mengajak Peserta Pelatihan Mengenal dan Mendeskripsikan Hama Penyakit Kakao




Polman, 21/02/2023 - Hari kedua pelatihan tematik kakao spesifikasi hama penyakit angkatan IV diisi dengan kegiatan turun lapangan yang dipandu oleh staff BSIP Sulawesi Barat, Muh. Syaifullah Hiola, S.P., M.Si.

 
Dalam turun lapang kali ini, peserta pelatihan diajak untuk mengamati secara mendetail tentang organisme organisme yang ditemukan di pohon kakao beserta lingkungan di sekitarnya dengan tujuan memberikan edukasi serta mengasah kemampuan petani dalam mengenal, mendeskripsikan, serta menganalisa permasalahan yang terjadi seputar hama dan penyakit di kebun kakao. Deskripsi secara mendetail dan terorganisir akan memudahkan petani dalam mengambil langkah-langkah pengendalian yang tepat.
 
Setelah kegiatan lapangan, dilanjutkan dengan sesi diskusi di dalam ruangan untuk menganalisa hasil-hasil temuan di lapangan.
 
Peserta pelatihan yang dibagi ke dalam 5 kelompok secara bergantian memaparkan kondisi tanaman kakao serta organisme yang ditemukan. Sesekali tawa canda peserta pelatihan serta pemateri memberikan warna selama proses diskusi berlangsung.
 
"Petani saat ini sebagian besar sebenarnya sudah mampu mengenal dan mengidentifikasi hama dan penyakit, namun kemampuan untuk mendeskripsikannya yang masih perlu untuk dipertajam lagi, tentunya hal ini butuh bimbingan dan panduan dari penyuluh lapangan agar strategi pengendalian yang akan ditentukan nantinya dapat terarah" ujar Syaifullah kepada tim media BSIP Sulawesi Barat.
 
Kegiatan turun lapangan dan diskusi pada hari ini ditutup dengan rangkuman permasalahan hama penyakit tanaman kakao serta strategi pengendalian hayati yang potensial untuk dilakukan guna mencegah serangan yang lebih berat di kemudian hari.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset