PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Penyerahan Sertifikat Sumberdaya Genetik Lokal Polewali Mandar




Polman, 22/02/2023 - Sejumlah tanaman lokal yang ada di Kabupaten Polman telah mendapatkan sertifikat tanda daftar sumber daya genetik tanaman lokal. Identifikasi diperlukan untuk pelestarian dan ekosistemnya bisa terjaga. 

 
“Seritifikat ini merupakan upaya BSIP Sulawesi Barat untuk melakukan perlindungan terhadap sumber daya genetik tanaman lokal yang ada di Sulawesi Barat.
 
Kepala BSIP Sulawesi Barat Dr. Ir. Nurdiah Husnah, M.Si didampingi Kasubbag Tata Usaha dan tim menyerahkan Surat Pencatatan Inventarisasi Kekayaan Intelektual Komunal Sumber Daya Genetik kepada Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Polewali Mandar Andi Ibrahim, SP., MM, di Kantor Dinas Pertanian dan Pangan bersama Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura.
 
Kekayaan Intelektual Komunal Sumber Daya Genetik yang diserahkan antara lain Padi Malotong, Padi Bulang, Padi Bonorang, Padi Dali, Padi Lelamun, Padi Timbo, Padi Taceng dan Padi Asseang. Dalam pertemuan ini, Nurdiah memberikan informasi bahwa untuk Provinsi Sulawesi Barat sudah memiliki 55 Sumber Daya Genetik yang telah terdaftar pada Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) Kementerian Pertanian.
 
Kepala BSIP Sulawesi Barat tidak lupa menyampaikan untuk varietas yang telah memiliki Kekayaan Intelektual diharapkan dapat dikembangkan demi kelestariannya agar tidak punah.