PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

"Anjangsana Kelompok" BSIP Sulbar Melakukan Diseminasi VUB Padi




Mamuju, 22/02/2023 - Penyuluh pertanian dan Petani merupakan dua peran yang tidak dapat di pisahkan. Sebagai ujung tombak pembangunan pertanian keduanya memiliki peran penting dalam mendukung ketersediaan bahan pangan. Salah satu metode penyuluhan pertanian yaitu dengan kunjungan anjangsana baik kepada perorangan maupun kelompok tani. 

 
Pada hari Rabu, 22 Februari 2023, penyuluh BSIP melakukan kunjungan anjangsana kelompok tani di Kelompok Tani Tamariri 1 Kelurahan Sinyonyoi Selatan, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju. Turut hadir dalam kegiatan ini PPL Kelurahan, PPL Kecamatan Kalukku, dan beberapa ketua kelompok tani di Kelurahan Sinyoyoi Selatan. 
 
Adapun agenda kunjungan ini adalah diseminasi Varietas Unggul Baru (VUB) padi yang masih kurang dibudidayakan di Kelurahan Sinyonyoi dan stok benihnya tersedia di UPBS BSIP Sulbar. Dalam kegiatan ini, Religius Heryanto selaku Koordinator Penyuluh dan Wakil Manager UPBS menjelaskan VUB Padi Inpari, Inpago, dan Inpara. Secara khusus dijelaskan deskripsi padi Inpari Arumba, Inpari 42, dan Inpari 48 Blast yang tersedia di UPBS. 
 
Selain mendiseminasikan tentang pentingnya penggunaan Varietas Unggul Baru (VUB) padi. Pada kegiatan ini juga dilakukan diskusi lepas untuk mendengarkan permasalahan yang terjadi di lapangan yang dialami petani. Marthen P. Sirappa, selaku Ketua Tim Teknis BSIP Sulbar merespon permasalahan petani dengan memberikan penjelasan teknis budidaya dan pemupukan berimbang agar petani bisa meningkatkan hasil produksinya. 
 
Dari kegiatan ini, diharapkan petani dapat mengenal VUB padi dan membudidayakannya di lahan mereka. Penggunaan benih varietas unggul bersertifikat yang disertai dengan penerapan teknologi lainnya, diyakini dapat berkontribusi untuk meningkatkan produktivitas, produksi dan mutu hasil komoditas tanaman pangan.