PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Terapkan Smart Farming Petani Kalukku Hasilkan Ribuan Bibit Cabai




Mamuju, 22/02/2023 - Semua sektor sudah menerapkan digitalisasi, menggunakan teknologi dan mekanisasi tak terkecuali sektor pertanian. Smart farming (pertanian pintar) merupakan kegiatan pertanian yang memanfaatkan penggunaan platform yang dikonektivitaskan dengan perangkat teknologi seperti tablet dan handphone dalam pengumpulkan informasi. 

 
Seperti yang telah diterapkan Kelompok Tani Massiddi Ada di Kelurahan Kalukku, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju. Smart Green House yang memadukan teknologi pertanian yang dihubungkan dengan android sangat memudahkan petani dalam hal kontrol tanaman baik suhu, kelembaban dan pencahayaan. Pak Hamzah Ketua Kelompok Tani Massiddi Ada bercerita banyak terkait efisiensi green house pembibitan tanaman hortikultura milik kelompok taninya pada penyuluh BSIP Sulawesi Barat. Menurutnya dengan adanya green house yang terintegrasi dengan android ini dia dapat mengontrol pertumbuhan tanamannya dan melakukan penyiraman meskipun sedang bepergian.  
 
Ada ribuan bibit cabai dan tanaman hortikultura lainnya yang telah dihasilkan Kelompok Tani Massiddi Ada dalam green house. Green house merupakan bantuan hibah Bank Indonesia yang diperuntukkan bagi Kelompok Tani Massiddi Ada. 
 
Pada kunjungan kali ini tim penyuluh BSIP Sulawesi Barat juga berdiskusi terkait tanaman hortikultura khususnya cabai dan bawang merah serta biosaka yang sekarang banyak diperbincangkan.
 
Teknologi smart farming yang ada di Kelompok Tani Massiddi Ada dapat menjadi wahana belajar bagi petani di sekitarnya dan bisa dicontoh dan diterapkan oleh kelompok tani lainnya.