PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Tagrinov: Spot Menarik di BSIP Sulbar untuk Belajar Pertanian




Mamuju 28/02/2023 – Taman Agro Inovasi (Tagrinov) merupakan konsep pengenalan inovasi teknologi pertanian yang diwujudkan dalam bentuk pemanfaatan lahan pekarangan. Dalam pengelolaannya, Tagrinov BSIP Sulbar ditanami beberapa tanaman seperti tanaman buah (manga, jambu, kelengkeng, belimbing, sawo, delima), sayuran (kacang panjang, okra, buncis, bayam, tomat, cabai rawit, cabai merah, bawang, timun, sawi) dan tanaman pangan (sorgum).

 
Tagrinov BSIP Sulbar menjadi spot atau lokasi penting jika ada kunjungan belajar dari sekolah, seperti salah satunya kunjungan dari SDIT Buahati Islamic School Mamuju. Kunjungan ke Tagrinov BSIP Sulbar menjadi salah satu rangkaian kegiatan yang didampingi langsung oleh Guru dari sekolah dan Kakak Pendamping dari BSIP Sulbar. Adik-adik Siswa/i diperkenlakan dengan beragam tanaman yang ditanam di Tagrinov dan bisa secara langsung melihat dan mengamati bentuk tanaman yang ada.
 
Selain mengenal tanaman yang ada di Tagrinov BSIP Sulbar, Adik-adik Siswa/i juga diberi kesempatan untuk menanam beberapa bibit tanaman seperti bawang merah dan cabai merah. Kegiatan penanaman dibimbing langsung oleh Kakak Pembimbing dari BSIP yang diarahkan oleh pengelola Tagrinov. Penanaman bawang merah dilakukan pada lahan bedengan yang sudah disiapkan, sedangkan penanaman cabai merah dilakukan pada polybag.
 
Pengenalan dan edukasi pertanian sejak dini kepada Adik-adik Siswa/i sangat penting untuk memunculkan kecintaan anak terhadap Pertanian, mengingat mereka adalah generasi penerus pembangunan pertanian. Konsep Tagrinov yang memanfaatkan lahan pekarangan juga dapa dijadikan contoh bagi para Guru pendamping agar bisa memanfaatkan pekarangan dengan baik dan produktif.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset