PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kunjungan Camat Pana Kab. Mamasa di BSIP Sulawesi Barat




Mamuju, 28/02/2023 - Diterima hangat oleh tim BSIP Sulawesi Barat di Ruangan kantor UPBS, Camat Kec. Pana Kab. Mamasa Boro Marthen Luther, S.Pd berkoordinasi dan berkonsultasi terkait konsep pengembangan pertanian di Kec. Pana, Mamasa yang berada dipegunungan Sulbar berpotensi dikembangkan sektor pertaniannya karena dukungan lahan subur yang mencapai ribuan hektar. Potensi lahan yang siap dikelola di Pana adalah lahan basah dan lahan kering. Akan tetapi, kurangnya sentuhan dari Prov. Sulbar mengakibatkan sektor pertanian di Kec. Pana tidak berjalan mulus. Selain itu, akses jalanan ke Pana juga dominan rusak. Kec. Pana berada di balik pegunungan Quarles Kab. Mamasa yang dekat dengan Kab. Toraja Utara, Sulsel. 

 
Dimasa jabatannya yang sebentar lagi akan memasuki masa purnabakti, Boro ingin mewujudkan daerahnya sebagai daerah percontohan pengembangan pertanian karena dukungan lahan yang memadai. 
 
Boro mengatakan, Pana harus dikembangkan sektor pertaniannya dengan salah satu cara yaitu bekerja sama dengan stake holder terkait. Boro mengharapkan adanya pendampingan dari BSIP Sulbar untuk pengembangan pertanian dibidang tanaman pangan, hortikultura serta perkebunan. "Potensi Sumber Daya Alam yang terdapat di Kec. Pana seperti kopi, bawang merah, padi lokal, cabai perlu dilestarikan" Ujar Boro. Selain itu, pembuatan pupuk kompos juga akan lebih mudah karena adanya limbah peternakan dan limbah pertanian yang melimpah. 
 
Tim BSIP akan MoU Kerjasama dengan Camat Pana disektor pengembangan pertanian. Langkah awal yang akan dilakukan oleh tim BSIP Sulbar adalah peningkatan kapasitas petani/ kelompok tani melalui pelatihan-pelatihan tentang pertanian dari hulu sampai hilir terutama nantinya pada tanaman kopi, cabai, bawang merah serta pembuatan pupuk kompos.