PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Pengendalian Hama dan Penyakit Padi Ramah Lingkungan Mendukung Sistem Pertanian Berkelanjutan




Polman - Kondisi sebagian besar petani masih menggunakan pestisida kimia sehingga kelestarian lingkungan kurang terpelihara bahkan dikhawatirkan membahayakan keselamatan konsumen sehingga pentingnya melakukan pengendalian hama penyakit dengan sistem pertanian berkelanjutan salah satunya pengendalian hama penyakit secara ramah lingkungan.(2/03/2023)

 
BSIP Sulawesi Barat diwakili Ir.Marthen P.Sirappa,.M.Si selaku fasilitator hadir ditengah peserta pelatihan tematik angkatan VII dengan kepakarannya berbagi ilmu tentang pengendalian hama dan penyakit padi ramah lingkungan mendukung sistem pertanian berkelanjutan.
 
Dalam materinya, fasilitator menjelaskan bahwa serangan hama dan penyakit yang menyerang tanaman padi merupakan akumulasi dari banyak faktor, antara lain kerentanan tanaman yang ditanam akibat keliru dalam pemilihan varietas, ketidakseimbangan kesuburan lahan, serta tidak adanya penerapan konsep pertanian berkelanjutan yang ramah lingkungan. 
 
Penggunaan pestisida kimia yang setiap harinya semakin besar volume penggunaan serta tidak terukur mampu membuat lingkungan yang awalnya stabil (populasi hama dapat ditekan dengan kehadiran musuh alami) menjadi tidak stabil, di mana pada beberapa contoh kasus yang terjadi di berbagai daerah yakni terjadinya ledakan populasi hama.
 
Oleh karena itu, sebagai bentuk dari penerapan UU No. 22 Tahun 2019 tentang "Sistem Budidaya Pertanian Berkelanjutan" yang merupakan pengganti UU No 12 Tahun 1992 tentang Sistem Budidaya Pertanian, Ir. Marthen mengajak peserta pelatihan agar lebih peka dalam menjaga lingkungan yang tetap terjaga keseimbangannya melalui beberapa tahapan seperti pemilihan varietas unggul yang tahan terhadap serangan hama spesifik lokasi, perbaikan sistem pengelolaan tanah dan air, pemupukan berimbang, dan monitoring secara berkala.