PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Panen Raya Padi Nusantara 1 Juta ha




Sendana - Kegiatan Panen raya padi nusantara 1 juta ha diinisiasi oleh Dirjen tanaman pangan menyongsong  puncak panen raya pada bulan maret-april 2023 untuk Kabupaten Majene dilaksanakan di Desa Sendana, Kec. Sendana, Kab. Majene, Sulawesi Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian, perkebunan dan Hortikultura Kab. Majene, BSIP Sulawesi Barat, Dandim Majene, Kapolres Majene, Kepala BPS majene, Camat Sendana, Kepala Desa sendana, penyuluh dan petani se Kecamatan Sendana. 

Dalam sambutan Kepala Dinas Pertanian, perkebunan Kab. Majene menyampaikan Maksud dan tujuan kegiatan ini yaitu memastikan kondisi stok aman dalam menghadapi hari besar keagamaan nasional (HBKN), menyiapkan pasukan beras bagi pasar, bulog serta menjaga harga gabah dipegang meningkatkan kesejahteraan petani.
Kegiatan ini dilaksanakan serentak di kabupaten kota diseluruh Indonesia mulai tanggal 9-11 Maret 2023. Untuk ditingkat Kabupaten Majene lokasi kegiatan di laksanakan di Dusun Rante, Desa Sendana, Kec. Sendana dengan Luas Hamparan 40 ha. Dari kegiatan panen raya padi nusantara yang dilaksanakan 1 juta ha, diharapkan menghasilkan 5.9 juta ton GKG setara 3.4 juta ton beras.
Untuk Kabupaten Majene luas panen dan prediksi panen padi periode januari-april 2023 seluas 771 ha dengan perkiraan produksi padi yang diharapkan dapat mencapai 4.178 ton GKP atau setara dengan 3.905 Ton GKG atau setara 2.238 ton beras dengan perhitungan provitas 54.19 Ku/ha GKP. Setelah kegiatan panen dilaksanakan pengambilan sampel ubinan oleh BPS Kab. Majene. Dari pengambilan sampel ubinan diperoleh data provitas 4.8 ton/ha GKP.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset