PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kunjungan Tim BBTPH ke UPBS BSIP Sulawesi Barat




Mamuju,12/04/2023 - Balai Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BBTPH) Sulawesi Barat merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Barat yang bergerak di bidang perbanyakan benih Tanaman Pangan dan Hortikultura salah satunya adalah benih padi. Tim BBTPH melakukan kunjungan ke BSIP Sulawesi Barat dalam rangka koordinasi terkait ketersediaan Varietas Unggul Baru (VUB) padi dengan kelas benih Dasar/ Label putih. 

 
Dalam kunjungannya Tim BBTPH diterima langsung oleh Religius Heriyanto, S.ST selaku Wakil Manajer UPBS di kantor UPBS BSIP Sulbar. Beliau menyampaikan stock benih VUB padi yang tersedia disertai dengan kelas benihnya dan keunggulan masing-masing. Pada kesempatan yang sama tim BBTPH juga melihat langsung kondisi benih yang ada di gudang. Adapun benih yang tersedia antara lain Inpari 48 Blas (FS), Inpari 42 Agritas GSR (SS), Inpari IR Nutri Zinc (SS) dan inpari Arumba (ES).
 
Setelah berdiskusi dan sharing terkait VUB dan Stock benih yang ada di gudang, tim BBTPH memilih Inpari 48 Blas kelas FS (Benih Dasar) yang nantinya akan dikembangkan untuk menghasilkan benih kelas SS/ Benih pokok. Untuk lahan produksi benih BBTPH bertempat di Kab. Polewali Mandar.