PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Ka. BSIP Sulbar Kunjungi Kebun Percobaan Luyo Polewali Mandar




Polman, 25/05/2023 - Kebun Percobaan Luyo merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh BSIP Sulbar yang berada di Desa Batupanga Da'ala, Kecamatan Luyo, Polewali Mandar. Kebun Percobaan memiliki fungsi antara lain sebagai penerapan standar instrumen pertanian, lokasi kebun produksi benih dan bibit, lokasi diseminasi, serta hilirisasi hasil perbenihan.

 

 
Ka. BSIP Sulbar Ibu Repelita Kallo, S.TP., M.Si didampingi Kasubbag TU, Pj. Kegiatan Perbenihan Jagung dan Produksi Bibit Kopi melaksanakan kunjungan ke Kebun Percobaan Luyo. Kegiatan tersebut bertujuan untuk Menindaklanjuti Rapat Koordinasi Balai Penerapan dalam melaksanakan penerapan standar instrumen pertanian dengan memanfaatkan KP yang ada di satker masing-masing. Selain itu juga menindaklanjuti kegiatan seminar rencana kegiatan TA 2023 untuk melaksanakan survei dan pengambilan sampel tanah untuk kegiatan perbenihan jagung serta meninjau greenhouse untuk produksi bibit kopi.
 
Survei lokasi perlu dilakukan sebagai identifikasi awal untuk mengetahui kondisi lahan dan ketersediaan air untuk kegiatan perbenihan dan pembibitan. Dengan mengetahui kondisi area pertanaman sebelum dilaksanakan kegiatan, akan lebih mempermudah dalam mengantisipasi ancaman yang akan menghambat kegiatan perbenihan jagung dan produksi bibit kopi.