PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Penyerahan Sertifikat KI Komunal SDG Sulawesi Barat




Sumber Daya Genetik (SDG) adalah koleksi keragaman (fenotipik dan genotipik) dalam masing-masing spesies tanaman. Keragaman tersebut berbeda antar lokasi dan memiliki sifat unik/khas sesuai dengan agroekologi setempat, demikian halnya dengan pengelolaan dan pemanfaatannya yang berbeda.

 
SDG dapat dikategorikan sebagai Kekayaan Intelektual (KI) Komunal yang berfungsi sebagai identitas suatu keragaman spesies tanaman. Di wilayah Sulawesi Barat sendiri, setidaknya tercatat 96 SDG yang telah didaftarkan oleh BSIP Sulbar sebagai KI Komunal Sulawesi Barat.
 
Dalam kegiatan Promosi dan Diseminasi Merk, dilakukan penyerahan sertifikat pencatatan KI Komunal SDG kepada BSIP Sulbar yang diwakili oleh Ir. Marthen P. Sirappa, M.Si. Adapun sertifikat yang diterima secara simbolis memuat 6 komoditi SDG, antara lain: Loka Pere, Loka Jonjo, Putti Dangeang, Anggrek Mamasa, Lassuna Mandar, dan Kopi Mami Balanda.
 
Selain KI Komunal SDG Sulbar, sertifikat lainnya juga diberikan kepada para pelaku usaha/jasa yang telah mendaftarkan produknya ke Kemenkumham Kanwil Sulbar.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset