PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

BSIP Sulbar Berpartisipasi sebagai Pramuwicara pada Stand Pameran Provinsi Sulawesi Barat




Tim BSIP Sulawesi Barat dengan semangat kolaborasi bersama Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan, Dinas Perkebunan Prov. Sulawesi Barat, KTNA Sulbar, Petani dan Nelayan, Pelaku UMKM Sulawesi Barat dalam menyukseskan kegiatan Pameran Pembagunan, Pertanian, Perikanan dan Kehutanan melalui PENAS XVI Padang yang dilaksanakan mulai tanggal 10 s/d 15 Juni 2023 bertempat di Pangkalan TNI Angkatan Udara Sutan Sjahrir Jl. Prof. Dr. Hamka Parupuk Tabiang, Kecamatan Kota Tangah, Padang, Prov. Sumatera Barat. 

 

 
Pameran Pembagunan Nasional adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh seluruh pengurus Kelompok KTNA Nasional dalam rangka memberikan informasi, memamerkan dan mempromosikan berbagai hasil-hasil produksi dan jasa dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan sebagai realisasi kerjasama kemitraan dengan BUMN, maupun dengan perusahaan swasta lainnya yang diselenggarakan oleh unsur petani, nelayan, petani hutan, koperasi tani nelayan, pengusaha, perusahaan dan instansi Pusat maupun Daerah. 
 
Adapun tujuan dari kegiatan Pameran tersebut adalah (1) Memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk baik segar maupun olahan, produk perikanan, serta kehutanan, produksi petani nelayan, koprasi BUMN/ BUMD dan Swasta; (2) Menumbuhkan imej yang baik pada masyarakat terhadap produk-produk unggulan pertanian lokal baik segar maupun olahan, produk perikanan maupun kehutanan; (3) Memperagakan perkembangan hasil-hasil teknologi yang telah dicapai; dan
(4) Meningkatkan pemasaran produksi hasil pertanian, perikanan dan kehutanan.
 
Sulawesi Barat turut andil dalam menyukseskan kegiatan tersebut. Beberapa produk segar maupun olahan yang ditampilkan di kegiatan pameran seperti produk-produk unggulan pangan lokal, hortikultura, dan perkebunan, serta perikanan baik dalam bentuk segar maupun olahan.
 
Pada pameran tersebut Tim BSIP Sulawesi Barat berpartisipasi sebagai pramuwicara terkait komoditi unggulan lokal Sulbar seperti Jewawut, Tamarillo, Cabai Lokal, Kopi dan produk olahan lainnya. Respon pengunjung luar biasa terhadap produk yang dipamerkan. Sebagian para pengunjung pameran memberi saran agar bibit komoditas unggulan lokal Sulawesi Barat sebaiknya tersedia di pameran.