PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Mengenal Lebih Jauh UPBS BSIP Sulawesi Barat




Mamuju, 12 Juni 2023. Hai gais,, ada yang baru nih!!! 15 mahasiswa/i tampan dan cantik dari Universitas Tomakaka mengunjungi BSIP Sulawesi Barat dalam rangka mempertajam ilmu pengetahuan terhadap sektor pertanian khususnya benih padi di UPBS. Kira-kira apa saja yang akan mereka dapatkan?? Gasssssss!!!

 
Para peserta kunjungan disambut hangat di lobby gedung utama BSIP Sulbar oleh koordinator program, Ketut Indrayana, S.TP. Beliau mengapresiasi kunjungan Mahasiswa/i Universitas Tomakaka yang menunjukkan semangatnya untuk belajar dan berdiskusi mengenai sektor pertanian. Ketut Indrayana, S.TP juga menyampaikan transformasi lembaga yang terjadi dan memperkenalkan gambaran umum Tugas dan fungsi BPSIP Sulbar yang baru.
 
Selanjutnya mahasiswa/i langsung menuju gedung UPBS BPSIP untuk diperkenalkan beberapa VUB padi yang didampingi langsung oleh staff UPBS Yan putra Situmorang, A.Md dan Nini Kusrini, M.Si. Di UPBS mahasiswa/i diperlihatkan dan diperkenalkan beberapa macam VUB Padi melalui display padi yang tersedia serta dijelaskan cara memproduksi benih padi bermutu mulai dari penyiapan lahan sampai dengan prosesing benih. Terlihat jelas antusias mereka dalam belajar dan berdiskusi tentang padi sehingga melahirkan beberapa pertanyaan seperti hama apa saja pengganggu tanaman padi dan lainnya. Muh. Syaifullah Hiola, S.P, M,Si turut serta berbagi ilmu mengenai berbagai macam hama penyakit dan gejalanya yang biasanya menyerang tanaman khususnya tanaman padi.
 
Diakhir Sesi Muh. Abdu Qudratullah S.Pt, M.Si selaku pembimbing mengucapkan terimakasih sebanyak banyaknya kepada staff BPSIP, staff UPBS yang telah berbagi ilmu kepada mahasiswa/i Universitas Tomakaka. Kunjungan ini ditutup dengan sesi foto bersama di depan gedung UPBS dan gedung utama BPSIP Sulawesi Barat.