PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

BSIP Sulbar Ikuti Kegiatan Penyusunan Laporan Keuangan dan BMN Kementerian Pertanian Semester I Tahun 2023




BSIP Sulbar Ikuti Kegiatan Penyusunan Laporan Keuangan dan BMN Kementerian Pertanian Semester I Tahun 2023

 
Kegiatan Penyusunan Laporan Keuangan dan BMN Kementerian Pertanian Semester I Tahun 2023 dilaksanakan di Bandung pada tanggal 21 - 23 Juni 2023. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Biro Keuangan dan BMN Kementerian Pertanian Fuadi, AK, M.PA, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat Dadang Hdayat, MS, BBPP Lembang, BPSI Tanaman Sayuran, Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Bandung, Kepala Inseminasi Bandung, Koordinator dan Sub Koordinator Lingkup Sekjen Kementan dan 33 Sekretariat UAPPA/B-W Selindo.
 
Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan laporan oleh Koordinator Pelaporan dan Pengendalian Kerugian Negara (PPKN), dalam laporannya ketua panitia melaporkan bahwa tujuan kegiatan ini dalam rangka peningkatan laporan keuangan dan BMN yang andal, dan akuntabel sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Arahan dari Kepala Biro Keuangan dan BMN Kementan, untuk tahun 2022 Kementan mendapatkan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke 7 kalinya secara berturut-turut. Prestasi ini tidak lepas dari Laporan Keuangan Kementan yang dapat dipertahankan.
 
Dalam kesempatan ini kepala Biro memberikan apresiasi kepada seluruh Sekretariat UAPPA/B-W dan Operator yang telah berkerja bersama-sama dalam mempertahankan WTP ini. Selanjutanya Kepala Biro mengungkapkan ada 3 IKU yang harus dipertahankan yakni WTP, IKPA dan IPA yang dijadikan sebagai acuan. Kepala Biro mengingatkan kepada seluruh Satker yang ada di Kementan untuk menjaga Aset, baik itu berupa Aset Tanah, Aset Kendaraan, Aset Barang dan lainnya untuk dijadikan perhatian sehingga tidak mengganggu laporan atau temuan dari BPK.