PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

BSIP Sulbar Sharing Penerapan GAP pada Petani Bawang Merah di Kab. Majene




Majene 22 Juni 2023. Bawang merah termasuk tanaman hortikultura yang merupakan salah satu komoditas tanaman yang sangat banyak manfaatnya diantaranya sebagai bumbu dapur dan obat herbal yang menyembuhkan berbagai penyakit namun petani pada umumnya petani belum menerapkan kaidah budidaya yang baik benar dan ramah lingkungan atau yang dikenal dengan Good Agricultural Practices (GAP).

 

 
GAP merupakan panduan cara budidaya yang yang baik, benar, ramah lingkungan, menghasilkan produk yang sehat (aman dikonsumsi) bermutu tinggi (bersih, penampilan yang menarik, dan tidak rusak) peningkatan kesejahteraan pekerja mencegah penularan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)dan prinsip traceability (yang dapat ditelusuri asal usul dari pasar sampai kebun).
 
Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa penerapan GAP belum diterapkan secara optimal khususnya pada pertanaman bawang merah. Menurut petani penerapan GAP membutuhkan biaya yang mahal, prosedur yang rumit, sementara keadaan sosial ekonomi petani rendah.  
 
Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Sulawesi Barat mengadakan kegiatan penerapan Good Agricultural Practices (GAP), yang dihadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Sulawesi Barat, Kepala bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Majene, Penyuluh Pertanian dan 40 orang petani bawang merah. kegiatan ini dipusatkan di gedung Bangsal Pascapanen Poktan Randang Balisa, Kelurahan Tande Timur, Kecamatan Banggae Timur, kabupaten Majene Sulawesi Barat.
 
BSIP Sulawesi Barat yang diwakili oleh sarpina STP., M.Si sebagai salah satu Narasumber pada kegiatan tersebut.adapun materi yang disampaikan adalah Budidaya Bawang Merah Sesuai Standar. Penggunaan varietas unggul merupakan salah satu kunci sukses dalam budidaya bawang merah. Penggunakan varietas/unggul /benih bermutu, tanaman dapat terhindar dari hama dan penyakit serta menghasilkan umbi yang banyak serta peningkatkan kesejahteraan petani bawang merah.