PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Peserta PKL UNIKA Mamuju Mengunjungi Usaha Hidroponik Nur Farm




Peserta PKL UNIKA Mamuju Mengunjungi Usaha Hidroponik Nur Farm

 

 
Didampingi oleh tim pembimbing Religius Heryanto, S.ST dan Khairul Anam, M.Si Mahasiswa UNIKA yang sedang PKL di BSIP Sulbar melakukan kunjungan lapangan ke beberapa tempat hidroponik yang ada di Mamuju, salah satunya mengunjungi Nur Farm Hidoponik yang berlokasi di Kec. Binanga, Mamuju. Pada kunjungan yang dilaksanakan hari Sabtu 24 Juni 2023, Peserta PKL mempelajari tentang sistem pertanian tanpa menggunakan tanah yaitu sistem hidroponik skala usaha.
 
Sistem hidroponik yang di gunakan oleh Nur Farm Hidroponik yaitu sistem NFT (Nutrient Film Technique) yaitu salah satu teknik hidroponik dimana akar tanaman tumbuh pada lapisan nutrisi dangkal dan tersirkulasi sehingga tanaman dapat memperoleh cukup air, nutrisi dan oksigen. Keuntungan dari sistem pertanian hidroponik adalah lebih hemat lahan dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan hidroponik ini antara lain instalasi pipa, jaringan listrik, media tanam menggunakan spons busa, penutup paralon, dan air.
 
Sayur organik yang telah di produksi oleh Nur Farm Hidroponik yaitu selada dan sawi pakcoy dan telah di distribusikan ke pasar tradisional dan beberapa pasar swalayan di Kabupaten Mamuju. (fatma & feby)
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset