PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

RAPAT KOORDINASI TEKNIS PERBENIHAN PROVINSI SULAWESI BARAT TAHUN 2023




RAPAT KOORDINASI TEKNIS PERBENIHAN PROVINSI SULAWESI BARAT TAHUN 2023

 

 
Kalukku- Pada hari jumat 7 juli 2023, Balai Pengawasan dan Sertifikasi Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPSBTPH) Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Prov.Sulbar menyelenggarakan rapat koordinasi teknis perbenihan di Balai Pelatihan Sumber Daya Manusia Pertanian kec.Kalukku, Kab. Mamuju. kegiatan ini dihadiri dinas DTPHP Prov.Sulbar, dinas Pertanian kabupaten lingkup Prov.Sulbar, BSIP Sulbar, BBTPH Sulbar, Balai Benih Hortikultura Kab. Polman, perwakilan penyuluh pertanian, UPTD ATP Polman, kelompok tani Penangkar serta petugas PBT se Sulawesi Barat. Tujuan dari rapat koordinasi ini ialah untuk menyamakan persepsi tentang teknis perbenihan di Sulawesi Barat.
 
Kegiatan ini diawali dengan penyampaian materi tentang teknis sertifikasi oleh Makmur, SP (PBT Ahli Pertama) dan refresh regulasi penegasan pengawasan peredaran benih oleh Helda Muliaty, P.SP, M.Adm.Pemb (Kasie. pelayanan penilaian kultivatur dan peredaran benih). Selanjutnya dilakukan diskusi bersama peserta tentang langka kongkrit yang harus segera dilaksanakan dan dituangkan dalam bentuk rekomendasi keseakatan bersama.
 
Adapun beberaparekomendasi kesepakatan diantaranya: 1) Agar segara dibentuk asosiasi perbenihan tingkat provinsi yang akan di koordinir oleh bidang teknis Dinas TPHP Prov. Sulbar, 2) Agar dinas pertanian kabupaten dan dinas pertanian provinsi meningkatkan koordinasi, identifikasi kebutuhan benih serta varietas dalam penyusunan perencanaan perbenihan 3) Agar bidang teknis dinas pertanian kabupaten meningkatkan pengawalan dan pendampingan terhadap program perbenihan diwilayah masing masing, 4) Agar pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten segera menyusun regulasi yang dapat menjadi jaminan pemenuhan kebutuhan benih secara insitu; 5)Agar pemerintah kabupaten dan pemerinta provinsi melibatkan seluruh stakeholder terkait dalam mengawal perbenihan, 6). Agar Dinas TPHP Prov Sulbar menambah kebutuhan SDM bidang perbenihan khususnya fungsional PBT, 7). Menempatkan ASN PBT sesuai dengan tupoksinya, 8)Agar pemerintah kabupaten menginisiasi pembentukan Balai Benih di untuk memenuhi kebutuhan benih sumber di masing-masing wilayah, 8) Agar produsen/penangkar benih aktif dalam penerapan system perbenihan berbasis aplikasi.
 
Sebagai suatu bentuk perikatan, rekomendasi kesepakatan ini ditandatangani bersama oleh Ka. BPSBTPH Prov Sulbar, Bid. Tanaman Pangan DTPH Prov Sulbar, Dinas Pertanian Kabupaten lingkup Prov. Sulbar, BSIP Sulawesi Barat, BBTPH Dinas TPHP Sulbar, Perwakilan Penyuluh Sulbar, PT Sang Hyang Sri, Perwakilan Produsen Benih Tanaman Pangan dan Perwakilan Produsen Benih Tanman Hortikultur. Penandatangan rekomendasi kesepakatan ini disaksikan langsung oleh Sekertaris Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Prov. Sulawesi Barat.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset