PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

BSIP Sulbar Masuk Nominasi Video Kreatif




Rabu, 12 Juli 2023 – Balai Besar Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BBPSIP) menyelenggarakan Temu Inspirasi #2 dengan mengusung tema “Penerapan Standar Bidang Pertanian: Bagaimana Langkah dan Strateginya?“. Kegiatan Temu Inspirasi ini dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh pegawai BSIP, mahasiswa dan pelaku usaha khususnya UMKM. BSIP Sulbar turut mengikuti Temu Inspirasi secara daring melalui zoom meeting di Ruang AOR BSIP Sulbar.

 

 
Menghadirkan dua narasumber handal yakni Tegar Ega P, S.TP., M.Si. dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) memaparkan Strategi dan Langkah Operasional Penerapan Standar pada Pelaku Usaha, pentingnya penerapan mutu serta pendampingan UMKM hal ini untuk meningkatkan daya saing dan menghasilkan produk – produk terstandar, selanjutnya Andi Cahyadin P, S.Tr., S.Sos. sebagai narasumber kedua yang merupakan CEO CV. Forest Coffee menyampaikan tujuan dari penerapan mutu dalam suatu produk bukan hanya untuk meningkatkan kualitas produk dan perusahaan tapi juga meningkatkan disiplin kinerja SDM serta kepercayaan konsumen karena dengan Quality Management atau manajemen mutu, perusahaan dapat menggunakan seluruh sumber dayanya secara lebih efisien dan optimal.
 
Dalam kegiatan ini juga diumumkan pemenang lomba video kreatif memperingati Hari Krida Pertanian Ke-51 yang dibagi menjadi tiga kategori yakni Kategori Video Kreatif Terbaik Kategori Mahasiswa yang dimenangkan oleh Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta – Magelang dengan judul video “Penerapan Standarisasi Halal Produk Olahan Makanan Brem Madiun”, selanjutnya Video Kreatif Terbaik Kategori ASN dengan judul video “Penerapan SOP Panen Pala Di Hila Maluku Tengah” oleh BSIP Maluku dalam kategori ini BSIP Sulawesi Barat juga terpilih sebagai nominasi dengan judul video “Kualitas Produk Pertanian Di BSIP Aja” dan kategori terakhir yakni Video Kreatif Terfavorit Berdasarkan Like Terbanyak yang dimenangkan oleh Universitas Sumatera Utara dengan judul video “Meningkatkan Produktifitas Tanaman Hias Melalui Pemberian Pupuk Dari Tumbuhan Lamtoro” video ini berhasil mendapatkan 357 like dari netizen.