PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

FGD Potensi Pemanfaatan Limbah Padat Perkebunan Kelapa Sawit di Kab. Mamuju




FGD Potensi Pemanfaatan Limbah Padat Perkebunan Kelapa Sawit di Kab. Mamuju.

 

 
Pemanfaatan limbah sawit secara efektif dan efisien merupakan langkah penting dalam mencapai keberlanjutan lingkungan dan pertanian. Dalam hal ini, kolaborasi antar instansi dan petani sangat diperlukan. .
 
Rabu, 12 Juli 2023, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Prov. Sulawesi Barat bersama BSIP Sul-Bar melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Potensi Pemanfaatan Limbah Padat Perkebunan Kelapa Sawit.
 
Kegiatan dilaksanakan di Aula BPP Tommo dan dihadiri oleh Camat Tommo, Kepala Desa Campaloga, petani sawit lingkup Kec. Tommo, penyuluh, Tim BSIP SulBar dan Tim dari Balitbangda Prov. SulBar.
 
Dibuka secara langsung oleh Ir. Hamzah, S., M.MA (Ka.Balitbangda) beliau berharap pada kegiatan ini dapat melahirkan kesepakatan dan menyamakan persepsi dalam memanfaatkan limbah sawit yang selama ini belum termanfaatkan dengan baik.  
Pada kesempatan ini pula, Ir. Marthen P. Sirappa, M.Si (Penyuluh BSIP Sul-Bar) memaparkan potensi limbah sawit yang dimiliki petani di Kab. Mamuju yang apabila dimanfaatkan dengan baik dapat menjadi solusi dalam menghadapai semakin mahalnya pupuk kimia dan aturan pencabutan pupuk subsidi bagi komoditi sawit.
 
Selain itu pemanfaatan limbah sawit secara efektif dan efisien merupakan langkah penting dalam mencapai keberlanjutan lingkungan dan pertanian. Dalam hal ini, kolaborasi antara instansi, masyarakat (petani) sangat diperlukan. Pemerintah dapat mendorong adopsi teknologi pengelolaan limbah di masyarakat.
 
Diakhir FGD disepakati pelaksanaan peningkatan kapasitas petani sawit melalui kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik di Kec. Tommo.