PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Musrenbangtannas Lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2023




Rabu tanggal 12 Juli 2023, Bertempat di Auditorium gedung F Kementerian Pertanian, BSIP Sulawesi Barat mengikuti Musrenbangtannas lingkup Kementerian Pertanian. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan Link and match antara top down policy dengan bottom up planning serta menyampaikan rancangan fokus kegiatan pembangunan pertanian Tahun 2024.

 

 
Acara diawali dengan sambutan ketua panitia pelaksana Kepala Biro Perencanaan Kementerian Pertanian (Dr. Ir. I Ketut Kariyasa M.Si) yangg menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian proses perencanaan anggaran Tahun 2024. Ada 4 hal yangg menjadi dasar pelaksanaan kegiatan ini yakni; 1) untuk menyampaikan hasil Rakortek yang akan ditetapkan pada Renja Kementan Tahun 2024; 2) menyampaikan target kegiatan TA. 2024 lingkup Kementan; 3) menetapkan kesepakatan dan komitmen pemerintah pusat dan daerah dalam menghadapi perubahan iklim dan krisis pangan global; dan 4) menyiapkan langkah strategis guna terealisasinya percepatan ekonomi yang berkelanjutan. 
 
Acara dibuka oleh Menteri Pertanian RI Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H. Dalam arahannya Mentan RI menyampaikan langkah-langkah antisipasi dan adaptasi El Nino di sektor pertanian meliputi: 1) identifikasi lokasi terdampak kekeringan; 2) mengatur pola tanam sesuai ketersediaan air; 3) upaya adaptasi lebih fokus dan tepat waktu; 4) peningkatan ketersediaan alsintan untuk percepatan tanam; 5) peningkatan ketersediaan air dengan membangun atau memperbaiki embung dan parit, sumur dalam, sumur resapan, rehabilitasi jaringan irigasi tersier serta pompanisasi; 5) penyediaan benih tahan kekeringan dan OPT; 6) pengembangan pupuk organik terpusat dan mandiri; 7) dukungan pembiayaan KUR dan Asuransi pertanian serta Penyiapan lumbung pangan sampai tingkat desa.
 
Menteri Pertanian RI juga menyampaikan agar cara pandang kita harus sama dan satu visi bahwa pangan tidak boleh bersoal di daerah masing-masing, tetap semangat dalam menjadikan pertanian maju, mandiri, dan modern.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset