PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Identifikasi Materi Penyuluhan Kab. Mamuju




Identifikasi Materi penyuluhan Kab. Mamuju

 

 
Salah satu kegiatan dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian adalah penyampaian informasi dan teknologi pertanian kepada penggunanya. Informasi inilah yang sering kita sebut sebagai pesan penyuluhan atau materi penyuluhan pertanian.
 
Hakekatnya Materi penyuluhan, merupakan segala pesan yang ingin dikomunikasikan kepada petani sebagai penerima manfaat. Pesan atau materi penyuluhan harus bersifat inovatif sehingga mampu mengubah dan mendorong terjadinya perubahan baik pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan petani sebagai sasaran penyuluhan, olehnya itu penting bagi penyuluh untk menyampaikan materi penyuluhan sesuai dengan kebutuhan sasaran.
 
Hari ini, Tim penyuluh BSIP Sul-Bar melakukan koordinasi dan identifikasi materi penyuluhan pada kegiatan diseminasi hasil standardisasi instrumen pertanian di BPP Kec. Simboro dan BPP Kec. Mamuju. Kegiatan ini disambut baik oleh Koord. BPP, dan berharap materi yang nantinya akan disampaikan ke Petani mampu mengajak petani untuk melakukan sistem budidaya dengan baik. Dari hasil identifikasi diketahui materi penyuluhan yang dibutuhkan oleh petani di antaranya teknologi Budidaya pada Komoditi Jagung, Kakao, Durian, Kedelai serta pembuatan Pupuk Kompos.