PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

BSIP Sulbar Hadiri Bimtek Penyusunan Kebutuhan Pelatihan untuk Pengembangan SDM Perkebunan Kelapa Sawit




BSIP Sulawesi Barat berkesempatan menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Kebutuhan Pelatihan yang dilaksanakan Dinas Perkebunan Daerah Provinsi Sulawesi Barat untuk mendukung Kegiatan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit (SDMPKS). Kegiatan Bimtek dilaksanakan pada tanggal 18 - 20 Juli 2023 di Hotel Berkah yang diikuti oleh Petugas Tim Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelapa Sawit Kab. Pasangkayu.

 

 
Pada hari, Selasa 18 Juli 2023, BSIP Sulawesi Barat yang diwakili oleh Marthen P. Sirappa hadir sebagai Narasumber membawakan tema "Peningkatan Kapasitas SDM Pertanian dalam Pemanfaatan Limbah Sawit sebagai Pupuk Organik". Dalam paparannya, beliau menekankan pentingnya peningkatan kapasitas SDM pertanian, baik penyuluh maupun petani untuk menghadapi era digital 4.0, karena dengan perkembangan teknologi saat ini dapat mempermudah pelaku pertanian.
 
Selain itu, juga dijelaskan betapa pentingnya bahan organik di dalam tanah yang berperan dalam perbaikan sifat fisik, kimia dan biologi tanah, sehingga ketersediaan hara bagi tanaman terpenuhi, dimana bahan organik sering disebut sebagai kunci kehidupan. Oleh karena itu, pentingnya pemanfaatan limbah pertanian khususnya kelapa sawit untuk menjadi pupuk organik dalam memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah.
 
Dalam sesi diskusi disampaikan oleh salah satu peserta pelatihan agar kegiatan Bimtek ini tidak sampai disini saja, tetapi harus ada action lapangan sehingga hal itu benar- benar dapat terealisir. Karena itu provinsi dan kabupaten serta stake holder lainnya perlu mengambil peran dan sikap dalam pengembangan SDM pertanian kelapa sawit dalam pemanfaatan limbah sebai pupuk organik.
 
Kegiatan Bimtek ini harapannya menjadi wadah bagi Petugas Tim Pengembangan SDMPKS untuk sharing ilmu dan pengalaman untuk meningkatkan produksi kelapa sawit khususnya di Kab. Pasangkayu. Pemanfaatan limbah sawit menjadi pupuk organik akan mendukung sistem pertanian berkelanjutan.