PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Materi PKL: Pestisida Nabati dan Produk Olahan dari Tanaman Jagung




Selasa, 25 Juli 2023

 

 
Pada kesempatan kali ini, peserta PKL menerima dua materi yang dibawakan oleh ibu Sarpina, S.TP., M.Si tentang Pestisida Nabati dan Pengolahan Produk Tanaman Jagung.
 
Pada pemaparannya di materi pertama, Sarpina S.TP, M.Si menjelaskan bahwa pestisida nabati (pesnab) merupakan investasi jangka panjang dalam perawatan tanaman. Oleh karena pestisida nabati terbuat dari bahan bahan alami, ditambah dengan cara pembuatan yang ekonomis, menjadikan pesnab sebagai solusi dalam menekan penggunaan bahan bahan kimia berbahaya dalam pencegahan serangan hama penyakit. Pemahaman ini perlu ditanamkan kepada mahasiswa PKL UMI jurusan Agroteknologi yang notabene sebagai generasi penerus serta agen dalam mengkampanyekan gerakan pertanian ramah lingkungan.
 
Pada pemaparan materi kedua, Sarpina, S.TP., M.Si menjelaskan bahwa tanaman jagung merupakan salah satu tanaman pangan alternatif yang dapat menggantikan peranan beras dalam pemenuhan gizi masyarakat. Di sisi lain, seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, telah ditemukan berbagai jenis olahan tanaman jagung yang bertujuan untuk meningkatkan nilai jual dari produk tersebut, antara lain keripik jagung, es krim, dan aneka olahan lainnya.
 
Pada akhir pemaparan, pemateri berharap semoga ke depannya ilmu yang disampaikan hari ini dapat ditindak lanjuti melalui kegiatan praktikum pembuatan pesnab dan/atau pembuatan olahan jagung agar pemahaman tersebut dapat terserap sempurna oleh peserta PKL.