PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Identifikasi UMKM Golla Mandar




Kepala Balai bersama TIM Identifikasi Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat melakukan kunjungan ke UKM PT. Farm Petani Merdeka Jaya atau yang lebih dikenal dengan Brand Golla Mandar pada hari Selasa 25 Juli 2023. Kunjungan ini untuk mengidentifikasi produk yang sudah dihasilkan mulai dari proses pembuatan sampai pada pemasaran serta mengidentifikasi kondisi umum UMKM seperti legalitas usaha yang dimiliki, jumlah tenaga kerja, kapasitas volume produksi alur proses dll. Adapun produk yang telah dihasilkan antara lain Gula Semut, Gula Aren Cair, Gula Aren Jahe, Sara’ba Cair, Coklat Cair dan Minyak Mandar.

 

 
Tujuan Identifikasi dilakukan untuk membantu proses sertifikasi SNI ataupun SNI Bina UKM agar dapat meningkatkan daya saing melalui peningkatan kualitas produk sesuai standar tertentu.
 
Dengan penerapan SNI tersebut diharapkan UKM memperoleh manfaat seperti jaminan mutu; kepercayaan dari pihak yang berkepentingan (partner usaha, regulator); meningkatkan daya saing produk; efisiensi proses produksi; keteraturan dalam organisasi pelaku usaha (UKM); mampu mengidentifikasi bila ada masalah; serta perlindungan keselamatan, keamanan atau kesehatan manusia dan kelestarian lingkungan hidup.
 
Dewan Pembina Golla Mandar Samsuddin Saleh menyampaikan sangat membutuhkan pendampingan dari BSIP Sulawesi Barat terkait SNI agar mudah dalam pemasaran karena telah memiliki legalitas jaminan produk seperti PIRT dan Halal. Pemasaran produk selain di Sulawesi Barat juga sudah sampai ke Makassar Sulawesi Selatan.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset