PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Sukseskan Perbenihan Jagung 2023. BSIP Sulawesi Barat mulai Penanaman Bersama Jagung Komposit




Sukseskan Perbenihan Jagung 2023. BSIP Sulawesi Barat mulai Penanaman Bersama Jagung Komposit 

 

 
Mamuju, 28/07/2023 – Penanggung jawab (PJ) Kegiatan Perbenihan Jagung bersama tim ditemani Ka. BSIP Sulawesi Barat Repelita Kallo, S.TP, M.Si berangkat menuju Lingkungan Simbuang 2 untuk memulai kegiatan produksi benih jagung komposit. Selain penanggung jawab (PJ) dan tim BSIP, turut hadir juga beberapa tamu undangan dan stakeholder terkait yakni Ka. Dinas TPHP Kab. Mamuju, BPSB-TPH Provinsi Sulawesi Barat. Ka. BPP Kec. Simboro dan Kepulauan, Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Mamuju, Lurah Simboro dan kepulauan, TNI – Babinsa (Kel. Simboro dan Kepulauan), Ketua RT dan Kelompok Tani Lingkungan Simboro 2. Kegiatan diawali pembukaan oleh Pembawa Acara dan pembacaan do’a, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Tanam Bersama Jagung Komposit pada kegiatan produksi benih jagung komposit. 
 
Jagung komposit adalah jagung bersari bebas yang benih nya dapat diambil dari pertanaman sebelumnya dan dapat digunakan untuk pertanaman selanjutnya. Adapun keunggulan jagung komposit yaitu umurnya yang pendek, tahan hama penyakit dan juga dapat ditanam secara berulang ulang sehingga tidak menyebabkan ketergantungan benih dari luar. Kegiatan ini dilaksanakan di lahan milik pak Egy (luas 2.5 Ha) yang tergabung dalam poktan Tasinete. Adapun target produksi kegiatan perbenihan jagung kali ini adalah 5 Ton. Untuk perbenihan jagung komposit ini, BSIP Sulawesi Barat menggunakan benih varietas jakarin. Kegiatan perbenihan jagung ini bertujuan untuk menyediakan benih jagung bersertifikat dan terStandar yang kemudian akan disebar kepada petani di Sulawesi Barat. 
 
Setelah tanam bersama, kegiatan dilanjutkan sambutan dan arahan dari Lurah Simboro, Ka. BSIP Sulawesi Barat, dan Kepala Dinas Pertanian Kab. Mamuju. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi tentang Teknologi Budidaya Jagung Komposit yang disampaikan oleh Ir. Marthen P Sirappa, M.Si, dan Muhtar, SP, M.Si. Pada sesi terakhir dilaksanakan sesi diskusi dan sharing Bersama petani yang hadir pada kegiatan Tanam Bersama Jagung komposit terkasit kondisi pertanaman jagung di lapangan.