PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

BSIP Sulawesi Barat Mengikuti Sosialisasi Petujuk Pelaksanaan Penerapan Standar Instrumen Pertanian Spesifik Lokasi




BSIP Sulawesi Barat Mengikuti Sosialisasi Petujuk Pelaksanaan Penerapan Standar Instrumen Pertanian Spesifik Lokasi

 

 
Mamuju – 18 Agustus 2023, Balai Besar Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BBPSIP) melaksanaakan rapat koordinasi pelaksanaan kegiatan Pendampingan Pengujian Penerapan Standar Instrumen pertanian Spesifik Lokasi secara viritual melalui zoom meeting yang dihadiri oleh Penanggung Jawab Kegiatan BSIP Seluruh Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan Petujuk Pelaksanaan Penerapan Standar Instrumen Pertanian Spesifik Lokasi, mendiskusikan dan membahas progres pelakassanaan kegiatan yang telah dilaksanakan di lapangan oleh BSIP Seluruh Indonesia.
 
Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) berdasarkan Perpres No 117 Tahun 2022 memiliki tugas menyelenggarakan koordinasi, perumusan, penerapan, dan pemeliharaan serta harmonisasi standar instrumen pertanian. Kontribusi BSIP dalam pencapaian RPJMN Tahun 2022-2024 melalui 2 program teknis yakni: (1) program ketersediaan, akses dan konsumsi pangan berkualitas dan, (2) program nilai tambah dan daya saing industri, dimana kedua program tersebut berkaitan erat dengan penerapan standar instrumen pertanian di berbagai provinsi.
 
Strategi penerapan standar sesuai dengan perencanaan arah jangka panjang pencapaian Standar Instrumen Pertanian (SIP) bagi peningkatan kualitas produksi, nilai tambah dan daya saing yang meliputi tiga bagian penting yang saling terkait yaitu perencanaan, persiapan sasaran pelaku usaha penerap, dan pendampingan penerapan SIP. Proses pelaksanaan pendampingan penerapan yang diawali proses perencanaan, persiapan sasaran pelaku usaha penerap, dan pendampingan penerapan SIP. Peran pelaksana pendampingan yang ada di Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) menjadi peluang untuk meningkatkan efektivitas penerapan standar instrumen pertanian oleh pengguna. Sasaran petunjuk pelaksanaan Penerapan Standar Instrumen Pertanian adalah pelaksana kegiatan penerapan standar instrumen pertanian lingkup BBPSIP, pelaku utama, pelaku usaha, penyuluh pertanian, Pemerintah Daerah dan stakeholders terkait yang berkolaborasi dalam kegiatan penerapan standar instrumen pertanian.