PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

BSIP Sulawesi Barat Terima Kunjungan PT. Barry Callebaut




BSIP Sulawesi Barat Terima Kunjungan PT. Barry Callebaut

 

 
Mamuju – Kepala BSIP Sulawesi Barat, Repelita Kallo, S.TP, M.Si didampingi oleh Koordinator Program, Ketua Tim Teknis dan Staf BSIP Sulbar menerima kunjungan Bapak Nurdianto dari PT. Barry Callebaut pada hari Jumat (18/08/2023). Kunjungan tersebut dalam rangka silaturrahim sekaligus penjajakan kerjasama kedepannya. Kepala BSIP Sulbar menyambut baik maksud tersebut dan siap berkolaborasi untuk memajukan pertanian di Sulawesi Barat.  
 
PT. Barry Callebaut bergerak di bidang pertanian khususnya komoditas kakao, yang merupakan salah satu komoditas unggulan Provinsi Sulawesi Barat. Pertemuan perdana ini merupakan penjajakan awal untuk membangun kerjasama, dimana PT. Barry Callebaut bermaksud melakukan pengambilan contoh tanah namun belum sepenuhnya memahami cara menentukan titik sampel dan profil pewakil dalam menentukan kedalaman solum tanah. Analisis contoh tanah menjadi penting untuk mengetahui status kandungan hara pada lahan demplot binaannya. BSIP Sulbar yang memiliki fungsi pendampingan dan pengujian penerapan standar instrumen pertanian sepesifik lokasi siap berkolaborasi.
 
Salah satu staf BSIP Sulbar bidang Kesuburan Tanah, Marthen P. Sirappa dalam diskusi singkat memberikan beberapa saran yakni survei lahan penting dilakukan untuk mengetahui kondisi lahan, pengambilan contoh tanah untuk analisis tanah secara cepat di lapangan menggunakan PUTK, analisis tanah secara lengkap di Laboratorium dan profil mini untuk kedalaman solum. Analisis tanah dengan menggunakan PUTK hanya untuk mengetahui kandungan hara makro N, P, K, pH tanah, C-Organik secara kualitatif dan rekomendasi pemupukan. Hasil analisisnya terbatas pada kategori rendah, sedang dan tinggi. Karena itu, analisis tanah lengkap di Laboratorium tetap perlu dilakukan untuk mengetahui secara lengkap kandungan hara makro, mikro maupun kandungan logam berat di dalam tanah, sehingga informasi status hara lebih akurat. Namun saat ini analisis tanah lengkap belum bisa dilakukan di BSIP Sulbar, sehingga sampel tanah perlu dikirim ke Lab. Uji Tanah di BSIP Sulsel.
 
Kepala BSIP Sulbar menyarankan untuk membuat MoU agar ada legalitas dan kejelasan dalam menjalin kejasama kedepannya. Bapak Nurdianto menyetujui adanya MoU kerjasama dan hal ini akan dibicarakan dengan pimpinannya untuk rencana tersebut. Di akhir pertemuan, Kepala BSIP Sulbar mengajak PT Barry Callebaut untuk dapat mengikuti kegiatan Expo pada acara ulang tahun pertama BSIP yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan September 2023 dengan menampilkan produk-produknya.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset