PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Pentingnya Evaluasi Usahatani, Peserta PKL dibekali Materi Analisis Kelayakan Usaha Tani




Pentingnya Evaluasi Usahatani, Peserta PKL dibekali Materi Analisis Kelayakan Usaha Tani

 

 
Senin, 21 Agustus 2023, Bertempat di Aula Lab. Diseminasi BSIP Sulawesi Barat, mahasiswa yang sedang menjalani Praktek Kerja Lapangan (PKL) mengikuti Sharing sesion yang membahas materi tentang analisis kelayakan usahatani. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai aspek-aspek yang harus dipertimbangkan dalam mengevaluasi kelayakan suatu usahatani.
 
Bersama Nini Kusrini, M.Si (Penyuluh Muda) mahasiswa PKL mendapatkan penjelasan rinci tentang konsep analisis kelayakan usahatani. Materi meliputi definisi, tujuan, dan manfaat dari analisis kelayakan, serta langkah-langkah yang harus diambil untuk melakukan evaluasi kelayakan usahatani. Lebih lanjut dijelaskan tentang pentingnya menganalisis aspek finansial dan ekonomi dalam menghitung R/C Ratio (Return on Cost Ratio) dan B/C Ratio (Benefit-Cost Ratio). Serta mengajak mahasiswa untuk memahami perbedaan antara biaya tetap dan biaya variabel serta Nilai Penyusutan Alat.
 
Mahasiswa yang hadir dalam sesi pembelajaran ini menunjukkan antusiasme dan partisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab, serta menunjukkan minat mereka dalam memahami materi analisis kelayakan usahatani secara lebih mendalam. Diharapkan sesi pembelajaran ini akan memberikan bekal pengetahuan yang berharga bagi mahasiswa PKL untuk melihat aspek bisnis dan pertanian dari perspektif yang lebih komprehensif. Ini akan memberi mereka alat yang diperlukan untuk menganalisis dan menilai potensi kelayakan dalam memulai atau mengembangkan usaha pertanian di masa depan.
 
Diakhir sesi peserta diminta untuk mencari usahatani diesekitar mereka untuk dianalisis dan kemudian akan kembali didiskusikan bersama.