PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

ON Air Bersama RRI Mamuju dengan Topik Hidroponik




ON air bersama RRI Mamuju dengan topik hidroponik

 

 
Mamuju, 24 agustus 2023. BSIP Sulawesi Barat melalui kerjasama dengan RRI Mamuju melakukan dialog interaktif pada program Kipra Desa dengan tema Pemanfaatan teknologi hidroponik untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. Kali ini narasumbernya Religius Heryanto yang dipandu oleh host Randy dari RRI Mamuju. Siaran ini didengar langsung melalui radio 96 FM dan siaran langsung di facebook RRI Mamuju.
 
Metode ini merupakan salah satu metode penyuluhan pertanian yang dianggap efektif dan efisien dan dapat menjangkau sasaran/khalayak luas secara cepat. Media Radio memiliki kekuatan langsung yang tidak mengenal jarak dan rintangan, memiliki daya tarik sendiri seperti kekuatan suara serta lebih flexible (siaran radio dapat dinikmati sambil melakukan aktivitas lain) dan partisipatif.
 
Tujuan dari dialog ini adalah untuk mengedukasi para mitra tani pendengar RRI Mamuju khususnya petani-petani milenial atau masyarakat diperkotaan yang memiliki lahan pekarangan sempit. 
 
Pertanian dengan sistem hidroponik artinya merupakan salah satu inovasi teknologi di bidang pertanian tanpa menggunakan media tanah tetapi menggunakan media air atau tenaga kerja air. Hidroponik adalah teknik budidaya tanaman dengan memanfaatkan air dan unsur hara yang di butuhkan tanaman dalam bentuk cair yang sudah diracik (unsur hara makro dan mikro) dan dicampurkan dengan air selanjutnya diberikan ke tanaman.