PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

Seminar Hasil PKL UMI di BPSIP Sulawesi Barat




Mamuju, 28 Agustus 2023 - Seminar hasil merupakan tahap akhir dari sebuah rangkaian kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL) yang dilakukan oleh mitra kerja (Universitas Muslim Indonesia) di BPSIP Sulawesi Barat.

 
Kegiatan seminar hasil dilaksanakan di Aula BPSIP Sulawesi Barat, diikuti oleh 5 Mahasiswa/i peserta PKL yang berasal dari Universitas Muslim Indonesia, komisi pembimbing (Khairul Anam, M.Si dan Muh. Syaifullah Hiola, M.Si), Penguji (Muhtar, M.Si), Ketua Tim Teknis (Ir. Marthen P. Sirappa, M.Si), dan dimoderatori oleh bapak Yan Putra JS. Situmorang, A.Md.
 
Masing-masing peserta PKL memaparkan satu topik pembahasan terkait kegiatan yang telah dilakukan selama menjalani proses PKL. Adapun topik-topik yang diseminarkan antara lain; 
1. Pemanfaatan Hidroponik,
2. Perbenihan Jagung dan Pembibitan Kopi,
3. Pemanfaatan Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK),
4. Pengendalian Hama Penyakit Tanaman, dan
5. Pembuatan Pupuk Kompos Berbahan Dasar Sekam Padi dan Kotoran Ternak.
 
Pelaksanaan seminar hasil diawali dengan sesi pemaparan materi, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi/sharing informasi. Seminar hasil ditutup dengan pembacaan kesimpulan oleh moderator dan dilanjutkan dengan foto bersama sebagai tanda bahwa keseluruhan rangkaian acara telah berakhir.