PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

Optimalkan Pertumbuhan Jagung Melalui Pemupukan Ketiga




Mamuju, 12 September 2023 berlokasi di Lingk. Simbuang Dua, Kel. Simboro. Tim Teknis BSIP Sulbar pada Kegiatan Produksi Benih Jagung Komposit melakukan pemupukan susulan ke 3 yaitu penambahan pupuk Urea dengan dosis 75 kg/ha. Pemupukan dilakukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan produktivitas tanaman jagung komposit sebagai upaya penambahan unsur hara esensial dari luar, baik dalam bentuk kimia dan organik dalam mendukung produksi benih terstandar di Sulawesi Barat. 

 

 
Cara dan metode pemupukan yang diakukan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produksi jagung yang dihasilkan. Pemupukan yang dilakukan Tim BSIP masuk dalam tahap pemupukan ke-3 karena umur tanaman sudah mencapai 45 Hst, dimana berfungsi untuk pembentukan buah jagung, oleh karena itu unsur posfor perlu ditingkatkan dan unsur Nitrogen dikurangi.Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemupukan adalah waktu, dosis, cara dan jenis pupuk yang digunakan. 
 
Kondisi tanaman saat dilakukan pemupukan menunjukkan gejala yang normal, hal ini membuktikan bahwa aplikasi unsur hara untuk pupuk pertama dan kedua telah diserap oleh tanaman dengan baik.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset