PORTAL PPID

Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Sulawesi Barat

PPID Utama

UPBS BPSIP Sulawesi Barat jalani audit ISO 9001:2015




Kota Mamuju- Standar ISO 9001:2015 adalah standar sistem manajemen yang memuat seperangkat persyaratan-persyaratan tertulis, dimana persyaratan tersebut mendefinisikan praktik- praktik yang diakui dan diterima secara universal untuk memastikan organisasi memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan secara konsisten.

 
Rabu, 13 September 2023 lead auditor Waode Khairunissa dari PT. Mutu Agung Lestari berkunjung ke UPBS BPSIP Sulawesi Barat didampingi wakil manajer UPBS Religius Heryanto, S.ST dan Koord.Program dan Evaluasi Ketut Indrayana, S.TP dalam rangka audit internal UPBS. Audit internal merupakan salah satu syarat yang harus dilaksanakan bagi organisasi yang menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015. Organisasi harus melakukan audit internal pada selang waktu yang direncanakan untuk memberikan informasi apakah sistem manajemen mutu diimplementasikan dan dipelihara dengan efektif. 
 
Di UPBS, ruang lingkup yang diaudit dimulai dari alur administrasi pelayanan, prosedur pelayanan penyaluran benih, gudang prosesing(meliputi alat alat prosesing), gudang penyimpanan benih, struktur organisasi dan terakhir ruangan wakil manajer yang menyimpan segala arsip UPBS beberapa tahun terakhir. Tujuan dari audit internal ialah untuk melihat kesesuian antara kriteria dan aktual implementasi serta untuk perbaikan berkelanjutan dari bagian yang lemah agar segera melakukan perbenahan sesuai saran dari auditor. 
 
Waode Khairunissa sebagai lead auditor menyampaikan bahwa UPBS BPSIP Sulawesi Barat sudah menjalankan operasionalnya sesuai dengan perencanaan dan sistem manajemen mutu yang baik terutama pada bagian pengarsipan berkas. Sebelum mengakhiri audit, Waode menitip pesan agar memperhatikan segala berkas yang sudah expired lalu merencanakan pemusnahan serta membuatkan matrix ataupun laporan pada setiap kegiatan pemeliharaan UPBS BPSIP Sulawesi Barat. 
 
Pada hakikatnya, proses audit internal selayaknya tidak hanya dipandang sebagai pemenuhan kewajiban terhadap standar ISO 9001:2015 semata, akan tetapi sebuah langka kunci untuk meningkatkan proses sistem manajemen mutu dalam UPBS BPSIP Sulawesi Barat.
Logo

PPID

Kementerian Pertanian
Republik Indonesia

Alamat:

Sekretariat PPID
Jln.H.Abdul Malik Pattana Endeng-Mamuju Sulawesi Barat

Hubungi:

HP & WA:
Email: [email protected]

Peta Lokasi

Gedung Kementerian Pertanian, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

www.pertanian.go.id

ppidutama

ppidkementan

ppidkementan

Aksesibilitas

Kontras
Saturasi
Pembaca Layar
D
Ramah Disleksia
Perbesar Teks
Jarak Huruf
Jarak Baris
Perataan Teks
Jeda Animasi
Kursor
Reset